BAGAIMANA CARA MENULIS ABSTRAK YANG BENAR?


PANDUAN MUDAH UNTUK MENULIS ABSTAK BAGI PEMULA

APAKAH ABSTRAK ITU? Abstrak adalah ringkasan singkat dari sebuah proyek penelitian. Sebuah abstrak ditulis dengan baik akan membuat pembaca ingin mempelajari lebih lanjut tentang penelitian Anda, membaca makalah Anda, atau menghadiri presentasi Anda. Abstrak juga berfungsi sebagai ringkasan dari penelitian sehingga makalah atau karya tulis Anda dapat dikategorikan dan dicari kata kuncinya. Abstrak merupakan bagian penting dari laporan Anda karena abstrak mungkin merupakan bagian yang dibaca oleh orang-orang yang ining mengetahi karya tulis ilmiah anda.

Abstrak merupakan gambaran yang menyediakan pembaca sebuah poin utama dan hasil dari karya tulis ilmiah anda. Abstak juga bisa dikatakan sebagai ringkasan dari esensi laporan. Untuk alasan ini, maka abstrak harus dibuat untuk menyajikan informasi yang paling lengkap dan semenarik mungkin.


BERAPA PANJANG SEBUAH ABSTAK? Umumnya, abstrak dibatasi untuk 200 sampai 300 kata. Namun batas kata tersebut dapat berubah ubah sesuai dengan permintaan dan ketentuan yang ada.


BAGAIMANA MEMBUAT ABSTAK YANG BENAR? Tidak ada format tunggal untuk menulis abstrak yang bagus dan benar. Namun Format umum untuk membuat abstak terdiri 4 komponen dari:

-Latar Belakang

-Metode

-Hasil

-Implikasi/Kesimpulan

Penekanan ditempatkan pada masing-masing komponen akan tergantung pada bidang atau disiplin yang anda tekuni atau buat. Dalam beberapa kasus, latar belakang dan metode akan membutuhkan lebih banyak penekanan dan penjelasan, sedangkan dalam kasus lain, hasil dan implikasi akan membutuhkan lebih banyak penjelasan dan penekanan. Anda tidak diharuskan untuk mengikuti urutan keempat komponen di atas.Setiap kompoenen tersebut harus ditulis sebaik mungkin dan ditulis secara benar. Lebih jelas mengenai maksud dari 4 komponen tersebut adalah sebagai berikut:

1. Latar Belakang: Latar belakang adalah motivasi untuk membuat karya tulis. Mengapa kita peduli tentang masalah ini? Apa arti perbedaan praktis, teoritis, ilmiah, dari penelitian Anda?

2. Metode atau Pendekatan: Apa yang lakukan untuk mendapatkan hasil dari karya tulis Anda? Bagaimana anda mendapatkan hasil dari karya tulis Anda? Apakah Anda menggunakan kerangka teori tertentu, prosedur teknis, atau metodologi?

3. Hasil atau Produk: Sebagai hasil dari metode atau pendekatan yang anda gunakan, hal apa yang Anda dapat, pelajari, buat, atau ciptakan?

4. Kesimpulan atau Implikasi: Apa dampak yang lebih besar dari temuan Anda?

ADAKAH TIPS UNTUK MEMBUAT ABSTRAK? Walaupun menulis abstak tidak dibutuhkan keahlian khusus, namun bagi para pemula dibutuhkan beberapa tips untuk memudahkan Anda membuat abstrak. Berikut ini merupakan tips yang akan membuat Anda jauh lebih mudah membuat abstak yang benar.

1. Dibutuhkan banyak revisi untuk menulis abstrak yang baik

2. Temukan pokok bahasan utama dari karya tulis atau penelitian Anda. Kemudian jelaskan hal tersebut secara mudah sehigga kalangan non-akademik bisa membaca karya tulis Anda.

3. Ingatlah untuk selalu menggunakan kata kunci penting yang sesuai dengan bidang penelitian atau menggunakan kata-kata yang menunjukkan bidang Anda (contoh: rekayasa biokimia, sejarah seni Bizantium, tanaman C3).

4. Abstrak Anda tidak boleh terlalu rinci sehingga memerlukan kutipan atau catatan kaki.

5. Carilah bantuan dari kakak kelas Anda atau guru Anda untuk membuat abstak lebih benar.

About these ads

About @arghyand

interested in sustainable living

Posted on September 8, 2012, in Social and tagged , , , , , , , , , , , . Bookmark the permalink. 3 Komentar.

  1. Reblogged this on Rhetachoi and commented:
    abstrak

    Suka

  2. Thank you brother. ini saya lagi buat skripsi, tinggal abstraknya yg belum.

    Suka

  3. ringkasan pada pkm gmn ini?

    Suka

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

Bergabunglah dengan 2.043 pengikut lainnya.

%d bloggers like this: