CARA MEMBUAT PASPOR DI KANTOR IMIGRASI / KEIMIGRASIAN JEMBER


CARA MEMBUAT PASPOR DI KANTOR IMIGRASIAN JEMBER

APA ITU PASPOR?

Paspor adalah dokumen resmi yang dikeluarkan oleh pejabat yang berwenang dari suatu negara yang memuat identitas pemegangnya dan berlaku untuk melakukan perjalanan antar negara. Paspor berisi biodata pemegangnya, yang meliputi antara lain, foto pemegang, tanda tangan, tempat dan tanggal kelahiran, informasi kebangsaan dan kadang-kadang juga beberapa informasi lain mengenai identifikasi individual.

Membuat paspor, sama seperti membuat dokumen negara lain, bagi sebagian orang secara umum akan terasa berbelit belit karena  ciri birokrasi di Indonesia yang bergaya orde baru, lembam, dan tidak ramah. Bagi para warga Jember dan domisili Jember yang ingin membuat paspor, kesan itu seharusnya bisa dihilangkan.

PENGALAMAN SAYA MEMBUAT PASPOR

Itu tidak terlepas dari pengalaman saya ketika  mengurus paspor di Kantor Keimigrasian kelas II A Kabupaten Jember.

Di sini saya menjelaskan pembuatan  paspor umum ya? Bukan paspor untuk naik haji atau  paspor khusus lainnya. Tapi kalau kalian ingin keluar negeri untuk tujuan studi atau travelling seperti saya, kalian bisa buat paspor umum. Bagi teman-teman yang ingin membuat paspor di Kantor Imigrasi Jember, simak langkah-langkahnya ya?

PERSYARATAN  MEMBUAT PASPOR

Secara Umum sebelum anda kesana, anda harus membawa dan melengkapi persyaratannya terlebih dahulu. Persyaratannnya meliputi:

  1. – Uang Rp 255.000 untuk membuat passpor 48 halaman.
  2. – Kartu Tanda Penduduk atau KTP yang asli.
  3. – Kartu Keluarga atau KK yang juga asli.
  4. – Surat Keterangan atau Surat Sponsor atau Surat Rekomendasi Kerja.
  5. – Surat Nikah, bagi yang sudah menikah.
  6. – Materai Rp. 6000 (bisa dibeli di tempat fotokopi Kantor Imigrasi Jember).
  7. – Ijazah Terakhir

LANGKAH SINGKAT MEMBUAT PASPOR

  1. Setelah membawa persyaratan, anda bisa datang ke Kantor Imigrasi Jember melalui gerbang sebelah timur, atau gerbang samping yang berada di gang,  Itu dikarenakan gerbang sebelah depan atau gerbang sebelah selatan digunakan untuk layanan Haji daerah Tapal Kuda (Lumajang, Banyuwangi, Bondowoso, Situbondo, Jember).
  1. Setelah masuk dari gerbang samping, di depan gerbang masuk ada LAYANAN PEMOHON. LAYANAN PEMOHON buka mulai pukul 8.00 – 11.00. Saya sarankan datang pagi, sekitar jam 7.30, sehingga tidak harus antri lama.

Foto0913(gerbang samping, nampak sebelah  kiri adalah layanan pemohon)

  1. Disana kalian bilang kalau mau membuat paspor. Terus kalian ditanya paspor ini untuk siapa? Bilang untuk kalian pribadi. Terus kalian akan ditanya kelengkapan berkas, kalian bisa tunjukan kelengkapan berkas ke petugasnya. Tenang saja, tidak usah berfikir birokrasi yang lamban dan konservatif, karena di Layanan Pemohon, yang jadi front officernya  adalah mbak-mbak/ mas-mas cantik/ganteng usia 25-30 an 😀 . Dari sini sudah kelihatan kalo nuansa pungli dan birokrasi yang berbelit-belit coba dihilangkan.
  1. Di LAYANAN PEMOHON tadi, anda akan diberi map bewarna hijau dan ada formulir yang harus kalian isi. Mapnya diberikan SECARA GRATIS (hebatkan? Tanpa pungli). Terus kalian disuruh fotokopi berkas-berkas yang kalian bawa tadi, fotokopinya pakai kertas A4 (petugas fotokopi imigrasi sudah tau), dan di fotokopi di kantor imigrasi itu juga, tempatnya disebelah kanan LAYANAN PEMOHON.
  1. Setelah difotokopi, masukkan berkas-berkas tadi  ke map beserta formulir (ada  formulir yang  pakai materai,  materainya bisa dibeli di tempat fotokopian kantor imigrasi) yang telah diisi untuk kemudian dikembalikan lagi ke mbak-mbak sama ke mas-mas yang  ada di LAYANAN PEMOHON. Disana berkas dan formulir kalian akan diperiksa lagi. Kalau salah, biasanya dibetulin sama mbaknya :D.
  1. Setelah itu,  kalian akan diberi nomor antrian dan dan membawa berkas berkas dalam map hijau tadi untuk dibawa ke LOKET NOMOR 2. LOKET NOMOR 2 berada di ruangan RUANG TUNGGU. RUANG TUNGGU berada di sebelah kanannya LAYANAN PEMOHON. Disana anda duduk, dan tunggu suara  digital memanggil nomor antrian  kalian. Contoh nih, nanti kalain akan denger suara kayak gini: “nomor antrian D-0111, silahkan ke loket nomor, 2”. Nah setelah itu, kalian kasih berkasnya ke petugas, tetap aja, petugasnya ramah kok :D. Kalian  akan diberikan nomor pengambilan untuk sesi foto yang akan dilaksanakan 3 hari menjelang. Nanti kalian akan di SMS (kalau lebih dari 3 hari kerja dan anda tidak di SMS, anda bisa mengadu ke  Layanan Pemohon).

Foto0913(ruang tunggu berada disebelah kanan foto)

Foto0904(loket 1, loket 2, loket, 3 dan tempat pembayaran. terletak di dalam ruang tunggu)

Foto0901 (nomor antrian)

  1. Oke, Setelah dapat nomor pengambilan untuk sesi foto, anda pulang ke rumah masing  masing, hehe..
  1. 3 HARI KEMUDIAN
  1. Setelah menunggu 3 hari, anda akan dapat SMS kalau anda sekarang harus melaksanakan sesi foto.
  1. Datang ke kantor Imigrasi, dan kembali lagi ke LAYANAN PEMOHON. Datanglah lebih awal jika bisa. Saat ini, bawalah Berkas-berkas asli dan  persyaratan pembuatnan  paspor yang asli meliputi: Ijazah, Akte, KTP, dll. Berikan nomor/tanda bukti yang anda dapat 3 hari lalu kalau hari ini anda akan melaksanakan sesi photo paspor. (*Ingat, jangan pakai baju/pakaian putih, karena background fotonya juga  putih dan bawa uang Rp  255.000 untuk bayar). Nanti dari Layanan Pemohon, anda akan dapat nomor antrian untuk pembayaran paspor.
  1. Dengan  membawa nomor antrian, anda masuk ke RUANG TUNGGU (tempatnya  satu  ruangan  dengan loket 2 kemarin) Pembayarannya dilakukan di LOKET PEMBAYARAN. Sebagai  informasi, tempatnya ber-AC dan sangat nyaman lo. Hehe

 Foto0903(ruang tunggu Kantor Imigrasi Jember yang nyaman)

  1. Setelah nama anda di panggil oleh suara digital, anda tinggal membayarkan uang sebesar Rp 255.000. Setelah membayar. Anda akan menunggu untuk melakukan sesi foto dan wawancara.
  1. Nanti nama anda akan dipanggil untuk sesi foto dan wawancara. TEMPAT SESI FOTO DAN WAWANCARA berada di depan tempat loket pembayaran (*tapi jangan masuk dulu, tunggu dipanggil, hehehe).

Foto0908(pintu ruang  foto dan wawancara, jangan masuk sebelum dipanggil !!)

  1. Sip, anda akan melakukan sesi foto (disini petugasnya udah  jadi  gak ramah, karena  mayoritas adalah pegawai tua yang masih kental dengan kenangan  orde-barunya).

Foto0910(proses sesi foto Kantor Imigrasian Jember)

  1. Setelah sesi foto, anda tunggu untuk melakukan sesi wawancara. Anda tunggu dulu, nanti setelah foto, kalian akan dipanggil untuk melakukan sesi wawancara secara manual oleh petugas.

 Foto0909(pintu masuk ruang  wawancara, anda tunggu dulu di kursi sebelum dipanggil)

  1. Setelah dipanggil, kalian masuk RUANG WAWANCARA, kalian akan diwawancara. Wawancara sederhana seperti tujuan membuat paspor dan destinasi kalian. Saat wawancara kalian diminta untuk menunjukkan berkas/persyaratan pembuatan paspor asli yang tidak difotokopi.
  1. Setelah wawancara selesai, kalian disuruh membawa tanda bukti, dan  kembali  lagi 3 hari atau 5 hari kemudian untuk mengambil paspornya.
  1. 5 atau 3 hari kemudian kalian datang ke kantor imigrasi dengan membawa tanda bukti, kemudian berikan tanda bukti tadi pada  petugas yang ada di LAYANAN PEMOHON.
  1. Kalian sudah dapat paspor baru dan bisa pergi keluar negeri. Selamat ya. 😀

 

gunakan  paspor secara bijak. dan jangan mau  dengan tipu daya calo 🙂

Iklan

Posted on Juni 13, 2013, in Education, Living Me and tagged , , , , . Bookmark the permalink. 92 Komentar.

  1. Sebenarnya biaya smpai slsai brp?
    Dan… Pmbyaranya bgaimana? Trimksih.

    Suka

  2. Ruwet..gk kayak d SBY sehari langsung jadi…nih mah harus 3 kali k jmber..yg rmh probolinggo or bnyuwangi jd susah kan ngurusnya…

    Suka

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: