BACKPACKER DAN TRAVELLING MURAH MENUJU PULAU LOMBOK


CARA TRAVELLING DAN JALAN-JALAN MURAH DARI PULAU JAWA MENUJU PULAU LOMBOK

TIPS BACKPAKER KE PULAU LOMBOK

CARA TRAVELLING DARI PULAU JAWA MENUJU PULAU GILI TRAWANGAN  LOMBOK

TRAVELLING MURAH MENUJU PULAU GILI TRAWANGANGAN

TIPS DAN TRIK  BACKPACKER MENUJU PULAU LOMBOK

 

Ini adalah kisah perjalan saya dari dan menuju Pulau Lombok, Tanpa biaya mahal, dan benar-benar backpacker !!

Sekitar bulan Juli 2013 lalu, saya berkesempatan menuju Pulau Lombok. Ceritanya lagi ikut nebeng acara Himpunan Mahasiswa Jurusan Tanah yang lagi punya acara musyawarah tingkat wilayah gitu. Walaupun gak ikut Himpunan Mahasiswa Tanah di fakultas, tapi saya tetep bisa ikut nebeng mereka karena teman dekat saya jadi salah satu pengurus di himpunan itu, plus dia juga ikut pergi ke Pulau Lombok.

Jadi singkatnya, ketika teman-teman Himpunan pada sibuk ikut kegiatan di Lombok, saya gak ikut campur tapi cuma ikut nebeng seneng-seneng dan jalan-jalan doank. Hah !!

BIAYA MURAH DARI UJUNG TIMUR JAWA MENUJU PULAU LOMBOK.

Wisata ke Pulau Lombok mahal?  Gak kok bray. Pulang pergi (PP) dari ujung Timur Pulau Jawa ke Lombok lewat jalur darat dan laut hanya butuh IDR 300 ribu, inget, ini pulang pergi (PP), gak termasuk biaya jajan sama penginapan dan biaya masuk tempat wisata. Tapi kalo ditotal, IDR 500 ribu udah cukup kok untuk stay 3-4 hari disana.

PINGIN MURAH? HARUS BENAR-BENAR BACKPAKER

Kalian bisa benar-benar mangkas biaya perjalanan kalo kalian tidak ikut paketan travel yang  dari Jawa langsung ke Pulau Lombok, atau naik bus PATAS yang  cus langsung turun Pulau Lombok. Perjalanan murah harus dilakukan step by step pakai angkutan umum yang ada, ke pelabuhan bayar badan doank, pake angkutan umum di Bali, terus dari Pelabuhan Pulau Lombok ke pusat kota Lombok naik angkutan umum lokal sana juga.

1 Pelabuhan Ketapang-Gilimanuk / orang Rp 6000-Rp10.000
2 Terminal Gilimanuk Bali-Terminal Ubung  Denpasar Rp 30.000
3 Terminal Ubung-Pelabuan Padangbae Rp 30.000
4 Pelabuhan Padangbae-Pelabuhan Pulau Lombok / orang Rp 30.000-Rp 40.000
5 Pelabuhan Pulau Lombok- Pusat kota Lombok Rp 20.000

*biaya ini masih bisa ditawar atau bisa lebih mahal, tergantung kalian pintar tawar menawar atau tidak. Tapi rata-rata harga yang ditawarkan seperti tabel diatas.

*biaya pulang dari Pulau Lombok ke Jawa adalah sama.

TIPS SEBELUM BERANGKAT

  1. Usahakan kalian bawa tas ransel ketimbang tas jinjing atau tas koper yang rempong!
  2. Cari peta Pulau Lombok dulu, bisa kalian beli di toko buku atau pake GPS lu.
  3. Bawa Kompas!
  4. Cari informasi Homestay ato lainnya.
  5. Bawa uang cukup.
  6. Jangan berpenampilan menyolok, usahakan tampil biasa aja *mirip glandangan lebih baik* biar gak kena tipu sama calo terminal.
  7. Bawa air minum yang cukup, jangan  banyak bawa sangu jajan, *lu mirip anak mama nanti*
  8. Bawa peralatan P3K, minimal hansaplas.
  9. Bawa kamera, buat dokumentasi,  ini perjalanan pertama kalian !
  10. Isi pulsa HP yang banyak, biar gk lost kontak  sama informasi.
  11. Bawa baju travelling, jangan bawa baju buat ke mall ato nongkrong di Kafe yang kalian pakai. Missfit namanya *mayoritas orang Indonesia  kayak gitu*.
  12. Pake alas kaki yang nyaman.

PERJALANAN DI MULAI

Rute: Pelabuan Ketapang Banyuwangi – Pelabuhan Gilimanuk Bali – Terminal Gilimanuk Bali – Terminal Ubung Denpasar – Pelabuhan Padangbae – Pelabuhan Lombok – Kota Lombok (Mataram)

STASIUN PALING TIMUR PULAU JAWA

Kita berangkat dari kota Jember menuju Terminal Pelabuhan Ketapang pukul 4 sore. Perlu kalian ketahui, dari pada naik bus,  mending kalian naik kereta api untuk menuju Pelabuhan Katapang, gak peduli kalian dari kota Jawa mana. Soalnya akses angkutan umum yang terjangkau untuk Pelabuhan Ketapang hanya Kereta Api. Perlu diketahui, nanti kalian bakal turun di STASIUN BANYUWANGI BARU (*stasiun paling  ujung Timur Pulau Jawa)

Foto0923 - Copy(Stasiun Banyuwangi Baru)

Turun dari STASIUN BANYUWANGI BARU, kalian bisa langsung jalan lurus, kemudian di pertigaan besar kalian belok kanan. 100 meter dari pertigaan itu, kalian bakal nemu PELABUHAN KETAPANG. Di depan PELABUHAN KETAPANG, kalian bisa makan-makan dulu, cobain Nasi Tempong khas Banyuwangi deh, IDR 10.000 kalian udah dapet satu porsi nasi tempong plus lauk pauk komplit.

DSC_7348(Makan Nasi Tempong Sama Anak-Anak depan Pelabuhan Ketapang)

Kalian beli karcis dulu, IDR 6.000 untuk yang cuma bawa badan doang, tanpa motor-mobil-bus. Perjalanan dari PELABUHAN KETAPANG BANYUWANGI menuju PELABUHAN GILIMANUK BALI kurang lebih memakan waktu 30 menit. Kalo kalian perhatikan, kapal fery yang ngangkut  kalian tidak bergerak lurus menyeberangi Selat  Bali, tapi agak berputar searah jarum jam untuk menghindari arus selat yang kuat.

SAMPAI DI PELABUHAN GILIMANUK MENUJU TERMINAL UBUNG DENPASAR

Setelah menyeberangi Selat Bali, kalian bakal sampai  di PELABUHAN GILIMANUK. Tepat didepan PELABUHAN GILIMANUK, ada TERMINAL GILIMANUK. Pada fase ini, saya peringatkan jangan percaya sama calo. Kalian langsung aja bilang mau ke TERMINAL UBUNG DENPASAR, gak usah tanyak harga ! Kalau tanyak harga, calo bakal tau kalo kalian belum pernah kesana, jadi harganya bakal dinaikkan sampe 100%.

Foto0924(Terminal Gilimanuk Bali)

Kalian bisa naik bus atau mini-bus (angkot). Bus jarang ada, jadi pakai angkot mungkin paling recommended.  Setelah naik, kalian tanya sama penumpang lain, bayarnya berapa. Sekitar IDR 30.000 itu paling masuk akal.

Perjalanan bakal kalian lewati selama 3 jam sebelum nanti kalian sampe TERMINAL UBUNG DENPASAR.

WELCOME TO SCAM CITY, TERMINAL UBUNG DENPASAR !!

Pernah  liat acara Scam City nya National Geographic ? Disini kalian bakal ngerasain. Di terminal ini calo merajalela, preman juga. Sekali lagi, agar tidak dipermainkan calo,  kalian gak usah tanya harga tiket bus. Langsung aja bilang ke calo-calo itu, mau ke PELABUHAN PADANGBAE. Nanti kalian bakal diarahkan ke bus atau angkot, What-Ever bro, dua-duanya recommended. Ingat, biayanya sekitar IDR 25.000- IDR 30.000, untuk mastikan, tanya  aja penumpang kalo udah naik. Perjalanan dari TERMINAL UBUNG DENPASAR menuju PELABUHAN PADANG BAE mengambil durasi waktu sekitar 2 jam.

Foto0925 - Copy(Ruang Tunggu Terminal Bus Ubung Denpasar)

Ketika perjalanan dari TERMINAL UBUNG DENPASAR menuju PELABUHAN PADANG BAE, ada hal unik yang saya temui. Supir dan Kernet Bus yang saya tumpangi memasang dupa di ujung depan tempat menyetir, dan bus selalu berhenti ketika ada semacam pura tempat berdoa untuk menaruh sesajen. Jelas terlihat rasa keimanan yang kuat dimiliki penduduk Bali. Awesome !!

Foto0928 - Copy(Dupa pada Bus, Masyarakat Bali Memang Religius!)

FELL THE FRESH AIR OF EAST COST BALI…

Sampai di ujung Timur bali yaitu PELABUHAN PADANGBAE, kalian bakal ngerasain suasana yang  masih asri dan damai, tidak ramai seperti Bali pada umumnya. Sempetin foto-foto aja dulu sebelum kalian masuk ke loket tempat pembelian karcis. Ingat, disini ada banyak calo yang nawarin kalian tiket, jangan mau dah, mending kalian langsung menuju loket. Bayar IDR 40.000.

Foto0929(Foto Diambil Pas Turun Dari Bus Jurusan Padangbae)

Foto0931 - Copy

(Temen-Temen lagi Beli Tiket untuk Naik Kapal di Pelabuhan Padangbae)

Dari PELABUHAN PADANGBAE menuju PELABUHAN PULAU LOMBOK akan memakan waktu 4 jam di siang hari dan 6 jam di malam hari. Selat Lombok lebih besar, jadi Ombaknya bisa menggerakkan kapal untuk miring 30 derajat. Bahaya !! Tapi tenang, kapal di sana  masih tergolong baru dan ada lifejacketnya (pelampung untuk setiap orang).

DSC_7386(Perjalanan Ke Lombok, Kalian Bisa Liat  Gunung Agung Bali)

LOMBOK I AM COMING … !!

Nah, setelah kalian sampe di PELABUHAN PULAU LOMBOK, kalian bakal ngerasain suasana yang gersang, maklum lombok itu tanahnya kurang subur karena jarang hujan. Di depan Pelabuhan persis  sudah banyak angkot yang ngetem, jadi kalian tinggal bilang mau ke TERMINAL MANDALIKA, terminal bus utama Pulau Lombok yang berada 6 km di Selatan Kota Mataram, which is Pusat Kota Lombok. Disana kalian bisa kena biaya IDR 30.000 sampai IDR 40.000.

Foto0945 - Copy(Sampai di Pelabuhan Lombok nan Gersang)

MENGINAP DULU DI WISMA

Dari TERMINAL MANDALIKA, kalian naik ojek aja, bayar IDR 10.000 ke tempat destinasi kalian, khusus dalam kota aja. Kalian langsung bisa menginap di tempat  penginapan  yang kalian udah cari, tapi aku saranin kalaian untuk nginep di wisma aja, lebih murah. Karena saya waktu itu  ikut acara organisasi,  jadi wismanya sudah di sediakan. Wisma yang saya tempati sangat murah dan nyaman, namanya WISMA SERUNI, letaknya di Jalan Panji Tilar Negara, 100 meter sebelah Barat Musium kota Lombok, Mataram. Untuk lebih jelasnya, kalian bisa klik link http://id.geoview.info/wisma_seruni,177274455w .

MAKANAN KHAS

Sebelum anda menuju destinasi populer Pulau Lombok, coba jelajahi dulu kota Mataram, yang jadi ibukota Provinsi NTB. Kota di sana masih sepi, anda bisa tidur-tiduran di tengah jalan tanpa takut tertabrak. Sambil jalan-jalan, kalian coba cicipi makanan khas Pulau Lombok macam Nasi Balap (semacam nasi kucing kalo di Jogja), Ayam Taliwang, terus  apa  lagi saya lupa, tapi kalau di Pulau Lombok, semua makanannya berbau pedas. Pecel aja disana bumbunya bukan  kacang, tapi sambal yang disiram ke kudapannya. Mantab gak bray ??

DSC_8106(Salah Satu Makanan Khas Lombok)

Foto0949(Nasi Balap di Pagi Hari, Hangat, dan Lauknya Semacam Ayam, Tempe dan Telur)

DESTINASI LOMBOK

Pulau Lombok menyajikan banyak tempat wisata alam, tapi yang paling terkenal ada 3 yaitu :

-Pantai Senggigi (beres)

-Pulau Gili Trawangan (beres)

-Gunung Rinjani (belum pernah)

HOW TO GET  THERE ?

Ini dia yang menjadi masalah ketika anda mau menuju tempat wisata yang saya tunjukkan diatas, yaitu tidak adanya transportasi umum yang  bisa ngangkut anda  kesana. Jadi lebih baik anda sewa ojek. Disana banyak ojek berkeliaran, anda tinggal nego harga aja.

DESTINASI #1 : PANTAI SENGGIGI

Pantai Senggigi, kalau saya lihat di GPS waktu itu, lokasinya ada di arah Barat Pulau Lombok, Pantai  ini bersih  bangaet bray. Ini yang lebih menarik, pengen tau tiket masuknya? Cuma IDR 5000 cuy ! itu plus parkir sepeda kalo kalian bawa  sepeda. Pantainya masih sepi, penduduk lokal sudah bosan liat pantai jadi mayoritas turis asing yang ke situ.

DSC_8082

DSC_8094 - Copy(Pantai Senggigi)

DESTINASI #2 : PULAU GILI TRAWANGAN

Gili Trawangan itu adalah pulau dari gugusan 3 pulau yang  berada di Utara Pantai Senggigi. Cara ke Gili Trawangan ini banyak, kalian bisa naik Speed Boat exlusive *biasanya dipake turis* , dari Pantai Senggigi yang langsung dipaketkan ke Kuta Bali, sekitar 175.000 per orang,  atau naik  kapal boat biasa dari pelabuhan yang lebih dekat  dengan biaya  IDR 15.000 per  orang.

DSC_7869(Temen-Temen di Kapal Boat Menuju Gili Trawangan)

Perlu kalian ketahui kalo kapal boatnya terkadang tidak memenuhi standar, tapi ada pelampunya kok ! meskipun kalo itu kapal tenggelam kalian gak bakalan semuanya kebagian pelampung. Haha. Perjalanan menuju Pulau Gili Trawangan sangat keren bray, dikapal boat kalian bisa melihat dan merasakan udara laut yang masih  sejuk.

Gili Trawangan punya pantai yang bersih, disana tidak ada polusi soalnya kendaraan bermotor dilarang. Kalau kalian ingin keliling Pulau Gili Trawangan, Kalian bisa menyewa sepeda. IRD 15.000 untuk 2 jam kalau gak salah. Disana banyak Kafe Pub dan Bar !! Yang paling terkenal adalah Rudy’s  Bar, kalian coba aja keliling pulau itu, nanti pasti akan nemu Pub Sederhana bernama Rudy’s Bar. Kalian bisa  menginap juga disana, banyak resort. Sayang saya gak nginap disana. Hanya setengah hari lalu pulang.

DSC_7957(Disana gak Boleh Pakai Motor, Jadi Kemana-mana Harus Pakai Sepeda)

DSC_7900(Lagi didepan Bar Paling Terkenal, Rudy’s Bar)

DSC_8001(Kalo ke Gili Trawangan, Ini adalah Foto Wajib)

Selain kalian bisa tidur di resort, kalian juga bisa buat tenda dan tidur di Tenda yang kalian bawa, aku liat banyak turis  yang ngelakuin hal itu. Jadi sah-sah aja berarti kan?

LET’S DO OUT OF TE BOX

Kalian ini kan Travelling, meskipun amatir seperti  saya, kalian harus coba  hal-hal baru disana. Kalau anda ingin menjadi Traveller sejati, kalian harus benar-benar mau hidup susah di sana. Jangan coba mendapatkan pelayanan yang mewah atau tinggal di hotel dan coba makanan di Pub yang mahal. Coba saja street vendor dan kaki lima untuk makanan, tidur di wisma, naik angkutan umum, jalan kaki, sama bicara ke penduduk lokal. Coba pahami budayanya dan pola pikirnya.

Setelah pulang dari perjalanan, kalian tidak akan menjadi orang yang sama lagi. Pengalaman menjadi Traveller tidak mewah akan terkesan lebih keren dari pada Traveller banyak duit, terutama jika  kalian masih mempunyai banyak energi..

SELAMAT  BERJALAN-JALAN RIA…. !! DONT FORGET  TO LEARN SOMETHING  FROM THAT !!

Iklan

Posted on Oktober 16, 2013, in Living Me, Tips and Step and tagged , , , , , , , , , , , , , , . Bookmark the permalink. 10 Komentar.

  1. Gan,klo pengin smpk Lombok pagi dini hari,kira2 berangkatnya kpn dr Jember?
    angkutan tu 24 jam gak Gan?

    Suka

    • Bisa 24 jam kalo anda naik bus patas yang langsung ke lombok.

      tapi kalo pingin biaya murah dan oper-oper bus seperti saya, maka sampai lombok bisanya siang hari. Karena :
      -kereta dari jember hanya ada jam 4 sore. Sampai bayuwangi jam 7. Dan kapal very sampai bali sekitar jam 10 malam.

      *kalaupun ada bus operan dari bali agar sampai lombok pagi hari, maka kemungkinan anda akan berhadapan dengan calo di terminal bali, atau pelabuhan lombok.

      *hati hati calo gan. Jangan pakai pakaian mencolok.

      Suka

  2. gooood man!!! thanks

    Suka

  3. nice info bingit gan, ane wajib nyoba juga.. (y)

    Suka

  4. Gan punya kontak akomodasi atau pelayananan selama travelling di lombok? thx gan

    Suka

  5. Kalo mau nyebrang dari bali ke lombok itu ada pemeriksaan gag gan?

    Suka

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: