HOTEL DAN PENGINAPAN MURAH DEKAT STASIUN BALAPAN SOLO UNTUK BACKPACKER


THE CHEAPEST HOTEL NEAR BALAPAN TRAIN STASION, SOLO

HOTEL MURAH DEKAT STASIUN BALAPAN SOLO

DEMI TIMNAS

13 Agustus  2013. Kali pertama  saya nonton pertandingan timnas secara langsung. Bukan di Jakarta atau Bandung, tapi di Solo, di Stadion Manahan Solo. Kala itu ada pertandingan persahabatan Timnas vs Filipina. Setalah mematangkan persiapan, termasuk  tiket (*itu yang terpenting), saya berangkat dari Jember menuju Solo selama kurang lebih 10 jam menggunakan moda angkutan kereta api.

BERMODAL GOOGLE

Itu adalah kali pertama saya ke Solo, tidak tahu arah dan informasi, satu satunya sumber inspriasi hanyalah Google. Termasuk mencari akomodasi dan  penginapan murah rekomendasi para traveller dan backpacker.

TRIHADHI HOTEL, MURAH DAN NYAMAN, DEKAT DENGAN STASIUN BALAPAN

Saya cari penginapan yang dekat dengan Stasiun Balapan, meskipun kereta yang saya tumpangi turun di Stasiun Jebres, sekitar 2 km arah Timur sebelum Stasiun Balapan. Untuk mencapai hotel, saya harus berjalan kaki dan modal tanya orang ini itu, plus, mencoba untuk menyusuri rel kereta, karena  saya tahu,  setelah Stasiun Jebres adalah Stasiun Balapan. Setelah 45 menit  jalan kaki  (*jalan kaki lebih baik jika anda benar-benar mengaku sebagai “backpacker on the shoestring”), akhirnya saya temukan juga hotel Trihadhi. Ketika itu saya punya 3 rekomendasi hotel, tapi entah mengapa, kebetulan Hotel Trihadhi lebih mudah dicari.

LOKASI HOTEL TRIHADHI

WP_20130814_016

WP_20130814_017(pintu depan Hotel Trihadhi, kamar yang murah bisa di akses lewat pintu samping/belakang)

Ini hotel paling mudah dicari ketimbang penginapan lain dekat Stasiun Balapan. Itu karena hotel Trihadi terletak tepat di depan Pom Bensin Stasiun Balapan. Jadi kalau kalian keluar dari pintu gerbang Stasiun Balapan, berjalanlah ke arah kiri/timur sekitar 500 meter. Atau kalian bisa tanya, “Pom bensin dekat sini mana ya mas/mbak/pak/buk ?” Pasti mereka menunjukkan Pom Bensin yang saya maksud.

PRICE FOR BACKPACKER (Rp 75.000/night)

WP_20130814_009 (daftar harga kamar, pilih yang paling murah)

Hotel Trihadhi punya beberapa tipe kamar, ada yang mahal dan paling murah. kamar yang mahal berada di depan, dan yang murah terpisah dan berada di belakang, dengan pintu masuk tersendiri. Tapi kalian masih bisa masuk lewat pintu depan. Karena kalian backpacker, pilih yang paling murah. Tahun 2013, yang paling murah semalam adalah Rp 70.000 dan Rp 75.000. pilih yang Rp 75.000. Karena usut punya usut, setelah 2  hari bermalam di sana, si penjaga hotel bilang ke saya kalau kamar yang Rp70.000 banyak kutu kasur nya, bikin gatel dan sulit dihilangkan.

PELAYANAN HOTEL

Saya bukan promosi, tapi pelayanannya cukup baik. Setiap pagi ada teh yang bisa kita sruput anget-anget. Kamarnya juga bersih, dengan harga Rp 75.000, kita sudah dapat 2 kasur ukuran kecil plus kamar mandi dalam.

WP_20130814_014

WP_20130814_012(suasana dalam kamar hotel, simple dan bersih)

Dan satu lagi, itu hotel juga menyarankan ke hotel yang lebih baik kalo yang datang seperti anak-anak ABG-Backpacker-alay macam itu lah. Saya lihat sendiri si penjaga hotel mnyarankan ke hotel yang lebih baik ketika ada  sekelompk anak muda dari Jawa Barat ingin check in. 🙂 Itu hotel benar benar apa adanya. Bahkan sampai bisa menyarankan untuk stay di hotel sebelah, plus dengan tambahan informasi berapa harga-jenis kasur-dan kualitas kamar hotel sebelah ke para calon pelanggan. 🙂 MANTAB !!

AN EXTRA

Di hotel itu, kalian juga bisa nyewa PSK. Si penjaganya bisa mencarikan. satu kali main cuma beberapa ratus ribu aja katanya.  Prostitusi sudah jadi rahasia umum di situ. Itu informasi yang saya dapat setelah ngobrol dengan si penjaga/pekerja hotel di sana.

WP_20130816_002(Sate Depan Stasiun Balapan)

Di sekitar hotel juga banyak tersedia kuliner kaki lima. terutama di depan Stasiun Balapan,  ada  pedagang Sate yang jual Krengsengan, dan  makanan macam itu. Rasa lezat, untuk kantong juga bersahabat.

Have a nice journey ^^

Posted on April 27, 2014, in Foodie, Football, healthy living, Opinion, Sustainable Activity, Tips and Step and tagged , , , , , , , , , , . Bookmark the permalink. 16 Komentar.

  1. gan,itu hotelnya bisa nego short time ga?dateng di solo jam 12 malem,jm 7 pagi ud brgkat ke jogja..

    Disukai oleh 1 orang

  2. boleh nginep cewek cowok di satu kamar?thanks…

    Suka

  3. saya ke sana penuh mas..akhirnya kemaren ke solo nginep di hotel tirtonadi permai,deket terminal tirtonadi dan stasiun solo balapan,per kamar 80rb yang fan,uda dapet teh m ad tv juga..bersih ruangannya..recommended selaen trihadi…

    Suka

  4. Wah…di awal artikel sy tertarik pingin nginap mampir bersama kel…tp ada an extranya jd mikir nih…:(

    Suka

  5. gan klo tahun baru ada razia gak

    Suka

  6. Saya pernah nginap di sana bersama suami serta anak saya yg brumur 2 thn. Lantainya kotor, kamar mandinya juga kotor, bak mandi bocor, tdk ada sabun, odol. Sayangnya saat chek in tidak ada info mengenai fasilitas.

    Suka

  7. Front One Hotel Airport Solo

    Hotel di Solo murah bersih nyaman di Front One Airport Solo. Bingung mencari Hotel di Solo murah dapatkan hanya dengan harga 300 ribu sudah dapat menginap Hotel di Solo murah dengan kualitas senyaman bintang 4. Jangan lupakan bila anda mencari Hotel di Solo murah hanya di Front One Airport Solo

    Suka

  8. Transit 3jam harga nya berapa

    Suka

  9. Hotel bersih di solo baru loa living hotel

    Suka

  10. hotel murah di solo baru loa living hotel

    Suka

Tinggalkan komentar