MAHASISWA EXCHANGE, KASETSART UNIVERSITY


EXCHANGE STUDENT 🙂

Picture1kampus di mana saya menjadi exchange student salama 10 bulan

malam, sudah lama saya tidak menuangkan pikiran di blog yang saya buat tahun 2011 lalu ini. Terakhir kali saya menulis di blog  ini sekitar 4 bulan lalu. pada saat itu saya masih berada di Indonesia sebagai mahasiswa UNEJ Jember di Fakultas Pertanian. Kuliah di fakultas pertanian memang bukan pilihan pertama, namun karena nilai yang pas pasan dan ada tawaran dari guru BK berupa tes kuliah di pertanian dengan beasiswa  plus kesempatan studi luar negeri, tanpa pikir panjang, di tahun 2011 lalu, saya mengambil kesempatan itu.

MAYBE I AM LUCKY…  MAYBE

dan akhirnya, setelah bergelut dan menikmati proses belajar di fakultas pertanian UNEJ selama dua tahun, kesempatan untuk studi ke luar negeri menjadi kenyataan. walaupun hanya sebatas exchange student selama 2 semester, tapi ini merupakan pengalaman yang berharga.

saya berkesempatan untuk kuliah di universitas pertanian  terbaik di Thailand, Kasetsart Universirty namanya. detail dari universitas  ini  akan saya berikan dilain waktu, tapi jelas terlihat perbedaan kualitas dan jumlah ilmu yangsaya dapat di sini lebih menarik dan sering menimbulkan “wow” efek dan “ahaa” moment. Di sini saya mengikuti kuliah sebanyak 23 SKS, ditambah penelitian tentang Tissue Culture Sugarcane dan Konjac.

MENGAGUMI ILMU

Saya bukan mahasiswa yang pintar, tapi saya punya passion untuk  belajar, itu mungkin yang membuat saya tetap tidak patah semangat ketika mendapatkan mark yang buruk di bidang pelajaran. karena bagi saya nilai itu penting, tapi ilmu adalah hal utama mengapa kita belajar, sebagai bekal kita untuk menjalani hidup, ya, kita butuh ilmu.

Tipikal belajar saya memang berbeda dari anak pintar kebanyakan, atau dengan teman-teman saya yang sama sama mendapatkan beasiswa di sini. Saya tidak suka  menghafal, dan tidak ahli  dalam  menghitung,  atau mungkin buruk lebih tepatnya. Saya lebih suka menyaring ilmu sebanyak mungkin, meresapinya, mengaguminya, dan menyampaikannya secara general, namun jika di butuhkan mungkin secara detail.

Entah mengapa Tuhan selalu mendengar mimpi saya. Tapi  mungkin ada sesuatu di balik ini. Rencana Tuhan baik, yang dibutuhkan oleh  semua makhluk hidup di bumi adalah  mencari peran dan  alasan  yang telah diberikan  oleh Tuhan,  mengapa  kita hidup di dunia ini, dan untuk  apa.

Love you all…

 

Posted on Januari 27, 2014, in Agriculture, Living Me, Opinion, Social, Sustainable Activity and tagged , , , , , , . Bookmark the permalink. Tinggalkan komentar.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: