TAHUN 14 AG (AFTER GOOGLE)


PERIODE ERA YANG BARU, BG & AG (BEFORE GOOGLE / AFTER GOOGLE)

PERIODE ERA YANG KITA KENAL

Setelah sering kita dengar istilah Masehi, Sebelum Masehi, Hijriah, Before Crist (BC), AD dan semacamnya, sekarang muncul istilah baru yang juga digunakan sebagai penanda era baru, yaitu BG dan AG yang masing-masing merujuk pada BEFORE GOOGLE dan AFTER GOOGLE.

SANG NABI  DAN ROSUL KE-26, YAITU GOOGLE

Pemakaian istilah AG dan BG bukan ide sembarangan, walaupun belum dipakai resmi, tapi isitilah ini sudah banyak berkembang dikalangan pengguna internet *dan kalian juga wajib tau*. Seperti halnya tahun Hijriah menandakan sekumpulan orang pengikut ajaran  Nabi Muhammad yang berpindah dari Mekkah ke Madina, atau seperti tahun BC (Before Crist) atau yang lebih kita kenal sebagai SM (Sebelum Masehi) yang menandakan kelahiran Nabi Isa, begitu juga dengan AG/BG yang menandakan era dimana informasi menjadi hal yang mudah diakses dan diagungkan bagaikan para pengelana, filsuf, dan nabi-nabi terdahulu.

Sebagai informasi saja,  bahwa para filsuf, pengelana, dan nabi-nabi zaman dulu sangat diagungkan, diikuti ajarannya, dan digunakan sebagai sumber informasi terpercaya karena mereka lebih banyak tahu dari pada khalayak kebanyakan. Tapi setelah adanya mesin pencari pintar yang ngerti apa saja ini, bahkan sekarang omongan dari guru dan dosen bukan merupakan kebenaran dan sumber informasi mutlak. Lebih sering para pencari informasi menggunakan akses termudah dan tercepat yang disebut Google untuk cari validasi informasi.

AFTER GOOGLE DAN BEFORE GOOGLE

Istilah ini pertama kali saya dengar dan saya lihat di Youtube. BEFORE GOOGLE atau sering disingkat BG dimaksudkan pada periode masa dimana Google belum ditemukan, sedangkan AFTER GOOGLE diperuntukkan bagi masa dimana ketika Google telah digunakan.

(di video ini tepatnya)

Google sendiri diciptakan pada tanggal 4 September 1998 *ada yang ultah pas tahun ini  gak?* tapi baru digunakan khalayak ramai dunia, minimal dunia barat, pada pertengahan 1999. Kalau gak salah, tahun 1998-1999 negara Indonesia sedang dilanda krisis moneter gara-gara inflasi dan semacamnya, jadi mungkin gak sempet mikirin yang namanya internet.

Jadi bisa dikatakan Google merupakan penanda era milinium baru yaitu tahun 2000, atau era abad 21. Jelas, abad milenia baru ini  punya perbedaan  mencolok ketimbang  zaman sebelumnya, internet sudah berkembang pesat di semua sudut-sudut bumi. Bayangkan  saja, sepuluh tahun, atau bahkan 5 tahun lalu lalu kita masih pakai SMS, Fax, dan E-mail untuk berkomunikasi dengan lawan bicara beda tempat.

Sebelum era google muncul, ada search engine lain yang pernah digunakan oleh penduduk terpintar bumi (manusia) yaitu Altavista. AltaVista diciptakan oleh para peneliti di Digital Equipment Corporation’s Western Research Laboratory yang mencoba untuk memberikan layanan jaringan publik yang  lebih mudah. Walaupun ada beberapa perselisihan tentang siapa yang bertanggung jawab atas ide asli, peserta kunci Louis Monier , yang menulis crawler , dan Michael Burrows , yang menulis pengindeks. Nama AltaVista dipilih dalam kaitannya dengan lingkungan perusahaan mereka di Palo Alto. AltaVista diluncurkan sebagai mesin pencari internet pada tanggal 15 Desember 1995 di altavista.digital.com.

 

HIDUP DIMASA BEFORE GOOGLE

Respect-your-parents-they-did-high-school-without-googlejpg

Hidup di masa BG atau Before Google jelas jauh berbeda. Perpustakaan, Koran, dan Narasumber atau semacam kalangan  akademisi lah yang menjadi pusat informasi. Editor jelas menjadi kunci utama untuk memfilter informasi. Semenjak ada Google, arus informasi begitu cepat, tanpa di filter *untuk sebagian negara*.

GUNAKAN ISTILAH BG/AG

Walaupun belum digunakan sebagai istilah resmi, tapi istilah ini bisa kalian pakai untuk menambah bahan percakapan antar teman. Jadi di tahun 2013, kalian juga bisa bilang  tahun tersebut sebagai tahun 14 AG.

 

SELAMAT DATANG DI ERA INFORMASI . . .

Posted on Oktober 15, 2013, in Asal-Usul, Opinion and tagged , , , . Bookmark the permalink. Tinggalkan komentar.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: