OUT OF AFRICA THEORY DAN THE CROODS


THE CROODS: DARI FEMINISME HINGGA TEORI TUHAN

THE CROODS

Film ini mungkin  hanya film animasi anak karya the dreamwork. Bercerita tentang perjalan sekeluarga yang hidup di zaman purba. Dikenal dan disebut dengan caveman atau orang gua karena banyak menyisakan waktu hidupnya sunyi di dalam gua.

Akibat gempa dan kurangnya makanan, mereka dipaksa keluar dari zona nyamannya dan terdampar di dunia yang berbeda total. Ekosistem yang dahulu adalah gurun dan tidak subur kini berkebalikan, mereka harus berada dalam ekosistem yang lebih kaya dengan siklus tertutup yang memungkinkan alam untuk lebih memiliki kekayaan hayati dan menunjang lingkungannya sendiri. Alam yang lebih kaya memungkinkan mereka untuk mendapatkan sumber makanan lebih mudah dan melimpah. Namun ada hal yang harus mereka tinggalkan , yaitu gua.

the-croods-launch-1-sheet1

…..

Terlepas dari detail umum film tersebut, sebenarnya bagi  saya  film ini memberikan perspektif dan cakrawala pemikiran baru bagi penontonnya. Berikut diantaranya :

TANDA BAHWA “WOMAN WILL LEAD THE WORLD”

Entah sudah terlalu bosan dengan seringnya tokoh laki-laki mendominasi film dan dunia nyata, atau bentuk pemandangan lain tentang perkembangan manusia. Tokoh utama pada film ini adalah perempuan bernama Eep –seingat saya.

Apakah ini bentuk paradigma baru tentang kemampuan wanita untuk berfikir lebih maju dan digdaya dari seorang laki-laki atau yang lain, saya kira yang terpenting adalah entah bagaimana, namun kini perempuan telah mendapatkan porsi lebih pada kehidupan bermasyarakat umat bumi, meskipun belum sepenuhnya total, tapi seperti yang sering terjadi, film dapat dijadikan penanda bahwa ada sebuah cita dan angan manusia yang nantinya akan diwujudkan dalam dunia nyata. *sebagai contoh adalah film Star Trek tentang teknologi yang baru terealisasikan  abad 21 –hanya tranporter manusia saja yang belum diciptakan di dunia nyata, tapi ilmuwan setahu saya  bekerja keras untuk ini.

Bahkan ibu dari Eep dideskripsikan  sebagai The First Modern Wife 😀

The-Croods-Ugga-Wallpaper-HD

MAY THE TOUGHEST  WIN

Saya pecinta dan penggemar Teori Darwin –bisa dikatakan penganut. Aneh bagi seorang yang tinggal di lingkungan muslim ataupun masyarakat Indonesia. Walaupun memang menurut saya ada yang perlu dibenahi dalam teori ini, namun semua teori tentang seleksi alam dan fakta bahwa makhluk bipedal dahulu bukan hanya manusia (homo sapiens), namun kitalah yang berhasil lolos dari lubang  jarum Afrika dan menyebar ke penjuru bumi.

Well, kembali ke pokok permasalah film, film ini sebenarnya  menyiratkan perjalanan Out of Africa. Dikisahkan dalam film The Croods mengenai matinya beberapa keluarga lain karena terserang flu, penyakit, hewan buas, kelaparan, dan  lainnya. Satu-satunya yang berhasil adalah keluarga The Croods. Keluarga The Croods menjadi satu-satunya keluarga yang berhasil lolos dan bertahan karena dia memiliki pemimpin yang kuat, yaitu  ayah sekaligus pemimpin keluarga dan suami dari keluarga The Croods.

Bersikap protektif mungkin menjadi senjata evolusi pertama bagi spesies terpintar ini (*kita), sebelum nantinya harus dipaksa untuk bergerak dan beradaptasi.

MOVE !!  YOU WILL DICOVER  A NEW THING AND DEVELOPE YOUR BLESSED BRAIN.

Senjata dan berkah evolusi yang kedua yang menyebabkan  manusia dapat bertahan adalah bergerak. Dengan bergerak kita menemukan cara dan  keahlian baru. Bergerak memungkinkan kita menemukan dunia  baru, dan mengembangkan  keahlian serta  menciptakan penemuan baru  untuk hidup. Sama halnya dengan film The Croods, keluarga  yang beranggotakan 6 orang tersebut dipaksa untuk mengeksplor sel-sel otaknya secara lebih cepat karena mereka bergerak dan menemukan hal baru lebih sering.

Itu sebabnya Guy, laki-laki yang hidup sendiri di hutan tropis sebelum nantinya membantu kelaurga The Croods mencapai pantai lebih pintar dari mereka karena dia bukan manusia gua, tapi penjelajah.

Jika kau penganut teori evolusi, maka secara naluriah dan entah bagaimana, telah tertanam di genetik kita bahwa untuk bertahan hidup manusia harus bergerak, bukan hanya ragawi tapi batiniah, karena secara logika kau tidak akan bisa bertranseden batin ketika matamu belum melihat sesuatu yang baru.

Dari sebuah perjalanan kita dapat melihat sesuatu yang baru,dan kemudian berfikir. Untuk itu mengapa  tuhan memberikan 2 mata dan 2 telinga dan hanya  1 mulut. Agar kita lebih banyak melihat dan mendengar sebelum bertindak.

al ilmu qobla qoul wal amal, ilmu sebelum kata dan perbuatan.

TUHANKU ADALAH MATAHARI:D

Satu-satunya pemandu dan penjaga semangat bagi keluarga The Croods untuk keluar  dari bencana yang ia hadapi adalah dengan mengikuti “Arah Matahari” dan munculnya Matahari. Matahari bagi mereka dan mungkin juga bagi para leluhur kita sebelum keluar dari  Afrika bisa saja dijadikan pemandu mereka. Secara logika Matahari muncul dari timur,dan bukankah menurut penemuan dan fakta yang ada dapat dikatakan bahwa leluhur kita berjalan dan menyebar ke arah timur? *Asia.

Entah sebuah kebetulan atau tidak, entah si penulis cerita memadupadankan cerita fakta dan imajinasinya atau memang itulah yang terjadi? Entahlah. Tapi satu hal yang masuk akal jika manusia zaman prasejarah  dan abad masehi awal menganggap Matahari sebagai Tuhan.

KITA SAMPAI PANTAI !!!

Ending dari cerita tersebut adalah ketika The Croods dan Guy –beserta hewan peliharaan mereka yang mereka temukan selama perjalanan- menemukan pantai. Pantai adalah ujung akhir dari perjalanan manusia sebelum manusia menciptakan kapal laut dan pesawat udara.

Itu sebabnya peradaban kuno yang lebih maju sebenarnya selalu memiliki teritori dekat dengan garis pantai, kemudian berlanjut kepada peradaban modern, sebut  saja London, New York, Jakarta, Beijing, Hongkong, Mesir, dan lainnya.

….

ENDING AND TAUGHT / MANUSIA MATI MEMBAWA CERITA

Salah satunya adalah, berjalanlah sampai ujung dan batas. bagi The Croods, batasnya adalah pantai. Perjalanan menuju pantai tidaklah mudah, masalah  yang dihadapi adalah berkah untuk menemukan dan  menciptakan pemandangan pikiran yang baru. Satu-satunya hal yang bisa manusia bawa setelah mati dan meninggalkan dunia.

Iklan

Posted on Juli 19, 2013, in Opinion, Science, Social and tagged , , , , , , , , , . Bookmark the permalink. Tinggalkan komentar.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: