ENGLISH TUTOR, MY SIDE JOB


PEKERJAANKU SEBAGAI  SEORANG TENTOR BAHASA INGGRIS

MULAI MENGENAL BAHASA INGGRIS

Kemampuan saya dalam bahasa Inggris sebenarnya tidak sebagus dan seahli anak yang memang hebat bahasa Inggris. Tapi setidaknya grafik kemampuan bahasa Inggris saya meningkat drastis sekitar 6 tahun lalu, atau tepatnya pada tahun 2007. Ketika saya masih duduk di bangku SMP kelas 3  di Sekolah Menengah Pertama 2 Jember. SMP 2 Jember, meskipun tidak bersahabat bagi saya, banyak kenangan buruk pribadi, tempatnya kecil, gurunya ababil, dan pekerjanya sok semua, tapi sekolah tersebut merupakan sekolah favorit di kota Jember. Dan disanalah saya mulai mendapat inspirasi belajar bahasa Inggris, bukan melalui seorang guru, tapi dari seorang anak SMP yang duduk di bangku kelas 1. Tidak usah bercerita tentang itu disini ya? Hehehe :p

DAPAT BEASISWA

Masuk kuliah pada tahun 2011 di Fakultas Pertanian Universitas Jember dengan mendapat beasiswa dari DIKTI bernama Beasiswa Unggulan. Studi di Fakultas Pertanian bukan cita-cita, bahkan tidak pernah muncul dibenak saya, tapi takdir berkata lain. Ketika SMA, saya bercita-cita untuk studi di jurusan sosial dan atau jurusan Pendidikan Bahasa Inggris.

BEKERJA SEBAGAI  GURU  PRIVAT

Gagal studi di jurusan Pendidikan Bahasa Inggris, membuat saya sedikit kecewa. Tapi entah bagaimana, Tuhan memberi jalan. September 2011, 1 bulan setelah kuliah di Fakultas Pertanian, seorang teman dari komunitas Kerohanian Islam Universitas yang saya ikuti menawarkan saya untuk menjadi guru privat seorang murid kelas 1 SMA.

Perlahan dan  step by step saya mulai belajar teknik mengajar, dan juga mengembangkan kemampuan bahasa Inggris saya dengan mengikuti les Privat TOEFL dan belajar bahasa Inggris imformal lain.

JADI TENTOR DI LBB

Pada tahun 2013 ini, setelah melihat lamaran pekerjaan sebagai tentor bahasa Inggris dan mengirim CV plus lamaran pekerjaan, akhirnya saya mendapat kesempatan untuk menjadi tentor disana. Walaupun LBB tempat saya bekerja tidak terlalu besar, belum bonafit, memiliki murid yang sedikit, dan masih memiliki menejemen yang buruk, saya mendapatkan pengalaman yang mengesankan  selama bekerja di sana. Sebagai tempat bekerja yang pertama, tempat tersebut bisa menjadi batu loncatan saya  untuk mengeksplor kompetensi saya secara lebih luas dan dalam.

2010-07-01 13.08.50

2010-07-01 13.08.43(tempat saya bekerja sebagai tentor Bahasa Inggris)

Gaji yang saya dapat tidak banyak, bahkan setiap kali gajian, saya tidak menghitung dan meneliti riancian slip gaji secara rinci. Saya tidak butuh gajinya, tapi saya butuh pengalamannya. Kalau toh dihitung-hitung, gaji tentor bahasa Inggris yang belum lulus S-1 tidak begitu besar, mungkin  hanya cukup dibuat jajan 2 minggu.

Foto0915(ini slip gaji yang saya dapat)

MAKE  ME DIFFERENT

Menjadi guru privat dan tentor bahasa inggris itu memang biasa, tapi menjadi tidak biasa jika latar belakang saya bukan mahasiswa bidang bahasa, dan yang unik lagi, saya adalah Mahasiswa Pertanian yang jauh dari realita dunia ber-bahasa Inggris.

Sejak saat saya mengajar jadi guru privat, entah ejekan atau bukan, teman-teman sekelas saya sering menyebut saya dengan julukan “Pak Guru”  😀

Posted on Juni 13, 2013, in Charity, Education, Living Me and tagged , , , , . Bookmark the permalink. 2 Komentar.

  1. Mas, klo kursus privat, biayanya berapa?

    Suka

  2. mas sya mw les privat … bisa pa gk…

    Suka

Tinggalkan Balasan

