SEJARAH POSTER BERTULISKAN “KEEP CALM AND CARRY ON”


SEJARAH DAN ASAL MULA TULISAN “KEEP CALM AND CARRY ON”

DARI MANA TULISAN ITU BERASAL ?

Baik di Facebook, Blackberry, atau tulisan di media online lain , teman-teman sering membaca tulisan poster bertuliskan “Keep Calm and ….” dengan logo mahkota di atasnya.Tulisan tersebut ditulis dengan font huruf putih besar dan dengan bacground warna tyang cerah. Tahukah kalian, mengapa tulisan ini sangat popular? Ketika tulisan ini pertama kali saya baca di link Facebook,  saya langsung tertarik dan berasumsi bahwa tulisan ini pasti salah satu bagian dari Pop-Art UK (Britania Raya). Dan benar saja, setelah cari informasi di Google, ternyata memang benar tulisan berbentuk poster itu berasal dari negeri Ratu Elizabet tersebut. Sebagai penggemar British Pop Culture 😀 …., saya coba share info ini kekalian. Dibaca ya?

VIDEO SEJARAH TULISAN KEEP CALM

UNTUK PROPAGANDA PERANG DUNIA II

Seperti yang mungkin kalian duga, itu adalah slogan propaganda dari Perang Dunia ke Dua (WW II). Poster Keep Calm and Carry On sebenarnya merupakan satu bagian dengan ke 2 poster lain yang akan dipasang sebagai alat propaganda Inggris untuk menyemangati para tentara dan rakyatnya di Perang Dunia ke Dua. Kedua poster yang lain adalah sebagai berikut:

keepcalm-1

Kementerian Informasi dibentuk oleh Pemerintah Inggris sebagai departemen yang bertanggung jawab untuk publikasi dan propaganda selama Perang Dunia Kedua (WW II). Pada akhir  tahun 1939 setelah pecahnya perang,  MOI ditunjuk oleh Pemerintah Inggris untuk merancang sejumlah poster yang dapat meningkatkan semangat.  Poster-poster tersebut ditampilkan dan dipasang di seluruh Kepulauan Inggris (Britania Raya) selama masa percobaan pemasangan poster.

Dengan latar belakang berwarna berani, poster-poster tersebut dibuat serupa dalam gaya dan semuanya memiliki fitur mahkota simbolis Raja George VI bersama dengan font yang sederhana namun efektif. Dua poster yang pertama adalah‘Your Courage, Your Cheerfulness, Your Resolution will Bring Us Victory’ dan ‘Freedom is in Peril yang diproduksi oleh His Majesty’s Stationery Office (HMSO). Dua Poster tersebut terlihat di jendela toko dan stasiun kereta api dari musim semi 1939. Selain itu, kedua poster tersebut juga yang diposting di angkutan umum, di jendela toko, pada papan pengumuman dan hoardings di seluruh Britania Raya (UK).

window

(foto salah satu poster yang di stasiun kereta api Inggris tahun 1939)

Poster ketiga dan terakhir adalah poster yang sangat sederhana dan to the point. Poster tersebut bertuliskan Keep Calm and Carry On’. Rencananya poster tersebut di tempatkan ketika Inggris di invasi oleh Jerman. Karena ini tidak pernah terjadi, poster tidak pernah secara resmi dilihat oleh publik.

DITEMUKAN KEMBALI PADA TAHUN 2000

Diyakini bahwa sebagian besar poster ini telah hancur dan menjadi bubur pada akhir perang pada tahun 1945. Namun, hampir 60 tahun kemudian, Pada tahun 2000, seorang penjual buku dari Barter Books sengaja menemukan salinan tersembunyi di antara tumpukan buku-buku tua berdebu dibeli dari lelang. Barter Books adalah toko buku bekas yang terletak di stasiun kereta api tua yang terletak di Jalan Victoria Alnwick di Inggris.

keep-calm-daily-express

(foto berita yang memuat penemuan poster Keep Calm and Carry On pada tahun 2000)

3.8.12-keep-calm-2

(toko buku Barter Books Jalan Victoria Alnwick di Inggris)

Salah satu dari 20 toko buku paling indah di Dunia. Sejumlah kecil poster juga tetap berada di Arsip Nasional dan Imperial War Museum di London.

Pemilik toko buku Barter Victoria yang menemukannya kemudian membingkai poster besar tersebut dekat meja kasir. Banyak pelanggan mengomentari dan tertarik. Kemudian Mereka memutuskan untuk mencetak salinan dan dijual setahun kemudian.2012-keepcalmhistory

calm

(salah satu poster asli yang di pajang di dekat meja kasir toko buku Barter Books)

MENJADI POPULER

Berkat penemuan kembali itu Poster “Keep Calm and Carry On”  telah menjadi sangat populer sehingga slogan terlihat di seluruh dunia, dan tidak hanya pada poster lagi. Banyak citra grafis dan pesan positif disampaikan melalui T-Shirt dan juga Mug, tetapi bagi sebagian yang lain, kepopuleran poster ini, sehingga banyak juga dari mereka yang sering membuat plesetan kotor dari poster ini.

Posted on Januari 29, 2013, in Asal-Usul, Education and tagged , , , , , , , , . Bookmark the permalink. Tinggalkan komentar.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: