SAYA DAN KEARIFAN LOKAL DI DESA TLOGOSARI


KERAMAHAN  LOKAL  DESA TLOGOSARI

Bulan November lalu (2012), saya berkunjung ke rumah teman satu  kelas kampus di daerah Bondowoso. Nama desa tersebut adalah Desa  Lombok Kulon Kecamatan Tlogosari. Alasan utama sebenarnya adalah untuk tugas kampus mengenai survei kearifan lokal budidaya tanaman lombok.

Sambil menyelam minum air, sebenarnya tujuan utama saya pergi jauh-jauh dari jember ke pelosok Bondowoso yang sepi bukan untuk survei budidaya lombok, tapi saya ingin merasakan kearifan lokal disana.

saya menginap satu hari disana. Ada hal  yang tidak bisa saya  temukan di  kota besar, salah satunya adalah makan bareng keluarga besar. Di desa teman saya,  mereka hidup dalam skala keluarga besar. Rumah paman, bibi, menantu, bahkan mertua dan kakek berada saling berdekatan. Hal tersebut memudahkan mereka untuk saling berinteraksi, salah satunya ketika makan bersama seperti ini

Foto0385

(makan bersama keluarga besar teman saya)

Foto0419(foto di batas  desa)

Kalau diberi kesempatan, salah satu cita-cita saya adalah hidup damai dan berinteraksi dengan alam, entah di desa atau di daerah urban. Setidaknya dengan berada satu hari di daerah pedalaman Bondowoso, saya dapat mengilhami khasanah kearifan alam didesa.

Posted on Desember 27, 2012, in Living Me, Sustainable Activity and tagged , , . Bookmark the permalink. Tinggalkan komentar.

Tinggalkan Balasan

