TEPUNG DAPAT MELEDAK


MENGAPA DAN BAGAIMANA TEPUNG DAPAT MELEDAK?

TEPUNG, GULA BERANTAI  PANJANG

Tepung putih kebanyakan terbuat dari pati. Pati adalah karbohidrat. Hal itu berarti pati terbuat dari molekul-molekul gula yang terangkai menjadi satu. Siapa pun yang pernah membakar manisan empuk yang berwarna putih akan mengetahui bahwa gula mudah terbakar jika didekatkan dengan api. Begitu juga tepung.

BAGAIMANA TEPUNG DAPAT TERBAKAR?

Ledakan menjadi mungkin terjadi ketika partikel individu tersuspensi di udara, biasanya dalam bentuk debu awan di udara. Awan debu di ruang terbatas dapat memungkinkan molekul pati atau tempung mempunyai akses ke oksigen. Di bawah kondisi yang mendapatkan akses oksigen, Jika kondisi ruang cukup panas karena tekanan yang tinggi, panas atau sumber panas tersebut dapat membuat molekul gula untuk terbakar. Dalam jumlah besar, hal ini dapat memiliki efek yang sangat eksplosif, dan dapat mematikan.

Tepung dan karbohidrat lainnya bisa meledak ketika mereka terbang di udara sebagai debu. Supaya campuran tepung ini dapat menyala, diperlukan 1 atau 2 butiran gram debu per kaki3 udara (50 gram per meter3). Butiran-butiran tepung sangat kecil sehingga dapat membakar dengan cepat. Ketika satu butir tepung terbakar, akan membakar butiran-butiraan di dekatnya dan kobaran api akan menyala melalui awan debu denan kekuatan ledakan. Debu-debu karbohidrat lainnya seperti gula campuran puding, dan serbuk gergaji yang halus juga akan meledak jika dibakar. Percikan atau sumber panas telah membakar debu-debu di udara dan meledak.

TINDAKAN PENCEGAHAN

Tepung tidak rentan untuk meledak ketika berada dibungkus atau ditempat yang kedap udara. Butir individu tepung harus dipisahkan dari oksigen untuk imenghindari resiko ledakan. Bila disimpan dalam kantong padat atau kontainer, kemungkinan kebakaran yang cukup rendah.

Iklan

Posted on September 30, 2012, in Science and tagged , , . Bookmark the permalink. Tinggalkan komentar.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: