SIFAT-SIFAT MESIN DIESEL


CIRI-CIRI KEKURANGAN DAN KELEBIHAN MESIN DIESEL

Sebelum tahun 1970, penggunaan mesin diesel pada mobil penumpang dan mobil pribadi belum banyak digunakan dan digemari. Namun, setelah tahun 1970 ketika OPEC melakukan embargo minyak, penggunaan mibil bermesin diesel marak digunakan. Lebih dari setengah juta mobil diesel terjual di Amerika. Salah satu hal yang membuat konsumen pengendara mobil suka dengan mobil bermesin diesel karena mobil diesel lebih efisien dan lebih tahan lama ketimbang mobil bensin.

Walaupun memiliki kelebihan, mesin bertenaga diesel memiliki beberapa kekurangan. Kekurangan tersebut adalah :

  1. Mesin diesel mempunyai ratio tekanan yang sangat tinggi, yaitu 20:1. Hal tersebut berbeda dengan mesin bertenaga bensin yang hanya memiliki tekanan (8:1).
  2. Mesin diesel berbobot lebih berat.
  3. Secara relatif, mesin diesel berharga lebih mahal.
  4. Mobil diesel memiliki daya akselerasi yang lambat. Hal tersebut dikarenakan mesin diesel mempunya perputran per menit (RPM) yang lebih rendah. RPM yang lebih rendah disebabkan oleh bobot mesin yang lebih berat dan ratio tekanan mesin yang lebih tinggi.
  5. Mesin diesel cenderung menghasilkan asap yang lebih banyak dan berbau tidak sedap.
  6. Mesin diesel lebih sulit dihidupkan pada cuaca dingin dan jika menggunakn busi pemanas, mesin diesel membutuhkan waktu agar busi pemanas menjadi panas.
  7. Mesin diesel lebih berisik dan bergetar.

Mesin diesel sering digunakan untuk alat militer. Mobil militer dapat melaju pada kondisi-kondisi tertentu, termasuk melaju di dalam air ketika melintasi sungai. Mobil militer tersebut memiliki kemampuan untuk mendapatkan udara dengan menambahkan snorkle (pipa udara untuk menyelam). Dengan adanya snorkle, udara tetap masuk menuju piton unuk pembakaran dan mesin mobil tetap menyala, sehingga mobil tidak mati. Mesin diesel merupakan mesin yang lebih kedap  air ketimbang mesin bensin. Selain itu, mesin diesel tidak mempunyai sistem pengapian mesin.  Jika mesin diesel mempunyai pemompa bahan bakar mekanik untuk injektor dan transmisi mekanik, maka tidak ada pengontrol mesin elektronik yang harus dikhawatirkan. Ciri inilah yang membuat mesin diesel kedap air, sehingga kendaraan militer dapat melaju di aliran sungai atau melaju di bawah air.

 

Iklan

Posted on September 30, 2012, in Science and tagged , , , , , . Bookmark the permalink. Tinggalkan komentar.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: