FAKTA UNIK DIBALIK ASAL-USUL PEMBUATAN BAHAN ANTI KETUKAN PADA BENSIN


PENEMUAN FLUIDA ETIL SEBAGAI CAMPURAN BENSIN

PEMBAKARAN BENSIN YANG TIDAK SEMPURNA

Pencarian bahan tambahan bagi bensin untuk mencegah suara gemelitik atau ketukan dimulai ketika Charles F Kettring yang merasa terganggu dengan suara gemelitik dalam mesin Cadilac buatan tahun1912-1916. Keberhasilan pertama dihasilkan dari kombinasi aneh dari sebuah kesalahpahaman dan kebetulan. Kettering dan Thomas Midgey, seorang rekan peneliti di perusahan Delco (yang kemudian bergabung dengan General Motors), menduga bahwa suara gemelitik itu adalah letusan yang tertunda yang disebabkan pembakaran bensin yang belum sempurna.

foto Charles F Kettring

ANALOGI WARNA MERAH DAN PENGGUNAAN IODIN

Mereka membuat sebuah analogi bensin bewarna merah tua, maka bensin akan menyerap energi pancaran dengan lebih cepat dan menguap lebih awal sehingga mencegah suara gemelitik atau ketukan. Maka, suatu hari di bulan Desember 1916, Midgley pergi ke laboratorium kimia unuk memperoleh beberapa zat pewarna merah. Ia tidak menemukan apa pun, tetapi menemukan sebotol iodine. Iodine itu kemudian diuji karena memberikan warna merah pada bensin.

TERNYATA, SETIAP BAHAN TAMBAHAN DAPAT MENGURANGI SURA KETUKAN PADA MESIN

Yang menyenangkan para peneliti itu adalah ternyata iodin dapat mengatasi masalah suara yang gemelitik atau suara ketukan. Tetapi pengujian berikutnya menunjukkan bahwa warna bahan bakar tidak ada hubungannya dengan pengurangan suara gemelitik. Meskipun demikian, para peneliti kini telah tahu bahwa bagaimanapun juga, bahan bakar tambahan dapat mengurangi suara ketukan.

IODIN TERNYATA BERSIFAT MERUSAK

Iodin bersifat merusak dan harganya yang terlalu mahal menyebabkan penggunaan iodin pada campuran bahan bakar tidak digunakan. Setelah kegagalan dengan iodin, pada tahun 1921 timbal tetraetil ditemukan melalui sebuah konsep yang sedikit lebih ilmiah.

PENGGUNAAN TIMBAL TETRAETIL

Penelitian bahan tambahan bagi bensin yang akan mencegah suara gemelitik dimulai dengan beberapa penemuan secara kebetulan. Pada akhirnya, penemuan bahan timbal tetraetil yang terencana yang ketika larut dalam bensin menghasilkan larutan etil. Cairan etil diketahui sebagai bahan zat anti suara gemelitik yang bagu. Bahan ini telah menjadi bahan pada campuran bensin selama hampir 60 tahun.

timbal etra etil

Posted on September 22, 2012, in Asal-Usul, Science and tagged , , , . Bookmark the permalink. Tinggalkan komentar.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: