APA PENYEBAB DAN BAGAIMANA CARA MENGATASI MIGREN?


CARA MUDAH MENGATASI MIGREN

MIGREN = PEMBULUH DARAH YANG MENYEMPIT

Migren dimulai ketika pembuluh darah di kepala anda menyempit selama 15 menit hingga satu jam, kemudian melebat lagi dengan cepat. Hal tersebut dikarenakan oleh seretonin, suatu zat seperti hormon yang diproduksi oleh keping keping darah.

TIDUR BERLEBIHAN DAPAT MENYEBABKAN MIGREN

Seretonin dapat muncul dikarenakan anda mengkonsumsi makanan tertentu, minuman-minuman tertentu, mengalami stress atau karena tidur yang berlebihan.

Ketika Anda memicu terlepasnya seretonin, pembuluh darah di kepala anda menyempit. Ketika ginjal Anda mengolah seretonin dan karena itu kadar zar hormon menurun tajam, peembuluh darah mengembang lagi dengan cepat, menekan saraf-saraf di sekitarnya dan karrena itu menimbulkan rasa sakit dan radang. Nyeri kepala yang dihasilkan dapat berlangsung berjam-jam atau pun berhari-hari.

LANGKAH MUDAH MENGUSIR MIGREN

Pengobatan migen telah mempunyai sejarah panjang, sejak lebih dari 8500 tahun silam. Pada zaman Mesir kuno, penderita migren biasanya menggigit akar, kulit, atau daun pohon tertenu untuk mencoba meringankan rasa nyeri. Dengan berkembangan ilmu pengobatan, para tabib mulai meresepkan terapi aneh seperti menempatkan besi panas pada bagian yang terasa nyeri, memberikan olesan bawang putih, hingga menyengat kepala pasien dengan belut listrik.

Selain cara alternatif tersebut yang terasa menyiksa diri, terdapat beberapa cara lagi yang dapat dilakukan. Cara tersebu adalah:

Perhatikan Makanan yang Anda Makan. Banyak makanan dapat menyebabkan kadar seretonin naik di dalam tubuh. Seretonin adalah pemicu munculnya migren. Kelompok makanan tersebut adalah anggur merah, daging olahan, sosis, keju tua, polong-polongan, dan MSG.

Makan Sesuatu yang Mengandung Logam Berat. Sebuah studi dari Henry Ford menemukan bahwa kebanyakan penderita migren kekurangan magnesium dalam otaknya. Maka makanlah bahan makanan yang kaya dengan magnesium, misalnya sayur-sayuran hijau tua, buah-buahan, dan kenari.

Jangan Bergerak Terlalu Banyak. Ketika Migren datang, disarankan Anda mencoba meredakan nyeri itu dengan pergi ke ruangan yang tenang dan gelap. Jangan sesekali mencoba berolah raga atau melakukan aktifitas yang berat. Duduk sambil merebahkan badan selama migren menyerang adalah langkah yang lebih bijak. Melakukan aktiditas yang berat akan membuat detak jantung anda semakin kencang, sehingga pembuluh darah yang sempit karena migren mendapatkan tekanan yang lebih besar –dan membuat keadaan jauh lebih buruk.

Makan Sebutir Aspirin. Sebuah studi terhadap 22.000 dokter pria Amerika menemukan bahwa menelan sebutir tablet aspirin 325 miligram setiap hari bisa menolong Anda mengatasi sakit kepala. Para dokter memakai aspirin dalam studi itu menurut laporan 20% lebih jarang mengalami migren.

Walaupun demikian, terdapat kekurangan dari aspirin. Aspirin dapat mneyebabkan nyeri lanbung, pendarahan pada alat pencernaan,  dan komplikasi masalah kesehatan lain.

Tidur Sesuai Jadwal. Pola tidur yang tidak teratur juga ikut menyebabkan migren.

Kendalikan Asupan Kafein. Terlalu banyak kafein yaitu lbeih dari tiga mangkuk kopi dalam durasi satu jam dapat menyempitkan pembuluh darah dan memicu sakit kepala. Akan tetapi, minum secangkir kopi tepat ketika sakit kepala mulai mengyerang mungkin bisa membuat pembuluh darah Anda tidaak terlalu mengembang sehingga dapat mengusir migren.

 

 Sumber: Dough Dollemore, Mark Giulliuci. 1994. Age Erasers For Men. Rodale Press Inc.

Iklan

Posted on September 5, 2012, in healthy living, Living Me, Sustainable Activity and tagged , , , , , , . Bookmark the permalink. Tinggalkan komentar.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: