MENJAGA SILIA AGAR PARU-PARU TETAP SEHAT


MENJAGA SILIA AGAR PARU-PARU TETAP SEHAT

MASA BERLAKU PARU-PARU ANDA

Paru-paru manusia dirancang untuk bekerja dengan baik sampai usia kita tujuh puluhan. Merokok, tentu sajua akan mengubha skenario itu. Dengan menyumbat paru-paru, membuat nafas kita tersengal-sengal, batuk, pile, pneumonia, dan penyakit infeksi lain dapat mendatangkan akibat yang sama, tetapi hanya sementar.

9500 LITER DALAM SATU HARI

Setiap hari, sistem pernapasan Anda mengisap sekitar 9500 liter udara dan mencampurnya dengan darah yang dipompakan ke dalam paru\paru oleh jantung. Paru-paru Anda mengirim oksigen melalui arteri untuk mendukung kerja bagian tubuh yang lain dan sekaligus menyediakan sistem pembuangan bagi sampah-sampah metabolismeberupa gas seperti kabon dioksida.

SILIA, BAGIAN TERPENTING AGAR PARU-PARU ANDA TETAP SEHAT

Karena paru-paru Anda adalah organ internal yang biasa mengisap berbagai mikroorganisme dari dunia luar pada setiap tarikan napas, kekuatan sistem pertahanan alaminya penting sekali dalam mempertahankan aliran oksigen ke dan dari bagian tubuh lain.

Pada Umumnya kerja paru-paru akan bagus. Akan tetapi kadang-kadang mereka menjadi lemah akibat bahan-bahan peneybab iritasi seperti asap rokok atau ketika ada mikroba ganas yang mengalahan kerja paru-paru.

Menurut fakta, lebih dari 14 juta pria dan wania menderita penyakit paru-paru obstruktif yang kronis, antara lain bronkitis kronis dan emfisema. Maka dalam satu tahun saja, 7 hingga 8 juta pria dan wanita terserang asma. 4 juta menderita pneumonia, dan hampir setiap orang di antara kita pernah terinfeksi virus selesma.

CARA MENJAGA PARU-PARU TETAP SEHAT

Bagaimana Anda dapat melindungi paru-paru dari penyakit dan penyebab iritasi yang dapat membuatnya tidak efektif. Berikut adalah beberapa cara yang bisa Anda lakukan.

Usahakan agar Silia Anda Terus Bekerja. Minumman beralkohol dapat mengganggu mekanisme pembersih diri yang berfungis menjaga agar paru-paru terbebas dari kuman-kuman penyebab penyakit, kata Steven R. Mostow, M.D., ketua American Thocacic Society’s Commitee on the Prevention of Pneumonia and Influenza juga profesor di University of Colorado di Denver. Dia mngatakan bahwa, Silia atau bulu getar dalam saluran pernapasan menjadi mabuk sebagaimana bagian-bagian tubuh yang lain. Jika Anda tiba-tiba menutuskan minum lebih dari takaran alkohol dari takaran yang biasanya Anda minum, silia paru-paru Anda akan mogok bekerja.

Usahan Lingkungan Anda Tetap Lembab. Jika udara terasa sering, maka akan menyebabkan debu, virus, bakteri, dan serbuk sari menyebar di udara dengan cepat dan mempengaruhi silia paru-paru Anda. Buatlah lingkungan yang kering menjadi lembab dengan menggunakan alat pembuat kelembapan.

Latih Paru-Paru Anda. Ketika olah raga, sebagian orang hanya melaih oot saja tanpa secara intensif mealtih paru-parunya. Berjalan, berlari, dan berengang selama 20 menit setidaknya tiga kali dalam sepekan pasti cukup untuk itu, tetapi periksakan diri dahulu ke dokter sebelum memulainya.

Berhenti Merokok.  Ini adalah cara umum yang harus dilakukan. Asap rokok akan “membakar” paru-paru anda dan membuat kinerja paru-paru untuk mengambil oksigen menjadi tidak efisien.

Posted on September 5, 2012, in healthy living, Living Me, Sustainable Activity and tagged , , , , , , , , , , , . Bookmark the permalink. Tinggalkan komentar.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: