CARA EFEKTIF MEMBAKAR LEMAK DAN MENURUNKAN BERAT BADAN


MEMBAKAR LEMAK AGAR TUBUH LANGSING

MEMBAKAR LEMAK AGAR METABOLSIME TERJAGA

Pria membakar kalori secara jauh lebih efisien dibandingkan dengan wanita. Untuk rentang waktu kegiatan fisik yang lebih berat,  seorang pria biasanya akan mengalami peurunan berat lebih banya daripada wanita.

Pria membakar kalori lebih cepat karena dua alasan. Pertama, biasanya sejak awal mempunyai ubuh yang lebih berat, sehingga dapat membakar kalori lebih banyak. Kedua dan yang paling penting, pria mempunyai otot pembakar lemak yang lebih banyak.

Anatomi pria juga mempunyai kelebihan lain. Pria cenderung menyimpan kelebihan lemak di sekitar perut, sedangkan wanita menghimpunnya di daerah paha dan pantat. Sebagian pakar percaya bahwa sel-sel lemak di perut secara metabolik lebih aktif, jadi, pria dapat membuang lemak lebih mudah dari pada wanita. Walaupun demikian, kekurangannya adalah bahwa lemak perut lebih erat kaitannya dengan penyakit jantung, stroke, dan tekanan darah tinggi dibanding lemak pada pinggul dan paha.

MENGHITUNG ASUPAN KALORI MAKANAN DALAM SEHARI

Setiap orang memerlukan asupan kalori yang berbeda. Kalori didapatkan dari makanan untuk metabolisme tubuh. kelebihan jumlah kalori dari makanan akan menyebabkan tubuh menjadi gemuk. Untung menurunkan berat badan, asupan kalori dari makanan harus dengan cara dihitung aagar hasil lebih akurat. Untung menghitung kalori yang harus diasup dalam sehari, klik link ini:

http://www.my-calorie-counter.com/calorie_counter.asp

CARA MEMBAKAR LEMAK

Bergerak Lebih Aktif. Sebuah cara mudah untuk membakar kalori lebih banyak dalam rentan waktu yang sama adalah menambah sedikit kecepatan pada setiap olah raga, contohnya adalah olah raga aerobik. Sebagai contoh adalah:

                Dahulu                  : menempuh jarak 6 km/jam = membakar 365 kalori atau 365 kkal

                Sekarang             : menempuh jarak 7,5 km/jam = membakar 585 kalori atau 585 kkal

Aktifkan Lengan dan Kaki Sekaligus. Olahraga yang menggerakkan lengan dan kaki sekaligus membakar lemak baik daripada bila hanay menggerakkan satu diantaranya. Menurut penelitian, olahraga ski, sepeda gunung, dan renang mendapatkan nilai paling tinggi dalam pembakaran kalori per menit karena Anda menggunakan kedua kaki, kedua tangan, dan tubuh bagian atas.

Mulailah dengan Sarapan. Sejumlah pakar mengatakan bahwa tubuh Anda membakar kalori lebih lambat ketika sedang tidur. Sarapan bertindak seperti tanda waktu untuk membangkitkan metabolisme anda, dan mengaitkannya untuk mulai membakar kalori. Bila anda tidak melakukan sarapan pada hari itu, Anda akhirnya akan membakar kalori yang lebih sedikit pada hari itu juga. Tidak sarapan pada pagi hari juga menyebabkan anda melahap makanan lebih banyak dari yang anda butuhkan pada malam hari.

Makan lebih Sering dalam Porsi Kecil. Makan sedikit-sedikit tetapi sering alih-alih makan tiga kali sehari dengan porsi besar lebih baik dalam proses membakar lemak. Hal tersebut dikarenakan, sehabis makan, tubuh anda melepas hormon insulin yang menyebabkan tubuh anda menghimpun lemak. Makin besar porsi makanan anda, makin banyak insulin yang dilepaskan. Sehingga dapat dikatakan ketika anda makan banyak, maka hormon insulin akan dilepaskan lebih banyak, dan tubuh anda akan memprodukis/menympan lemak lebih cepat dalam jumlah banyak. Sebaliknya, makan lebih sering dalam porsi kecil membuat kadar insulin lebih rendah dan lebih stabil. Makin sedikit insulin dalam darah anda, makin banyak lemak yang anda bakar.

Jangan Meninggalkan Makan Siang. Tidak makan siang tetapi makan seperti orang rakus pada petang hari membuat Anda rugi. Pertama, ini membuat tubuh Anda mengira Anda tidak mendapat makanan, sehingga metabolisme tubuh akan merespon dengan membakar kalori lebih sedikit  pada hari itu. Kedua, makan dengan porsi banyak pada petang hari menghasilkan energi yang berlebihan sehingga lebih mudah disimpan dalam lemak. Ketiga, sebagian metabolisme tubuh terpaksa belangsung pada malam hari. Padahal, metabolsime tubuh pada malam hari adalah yang paling rendah, sehingga tubuh tidak membutuhkan banyak energi dari makanan yang kita makan, sehingga energi dari makanan disimpan dalam lemak.

Olahraga dengan Perut Berisi. Kegiaan fisik ringan sehabis makan memberi Anda bonus dalam hal pembakaran lemak. Berjalan cepat sejauh lima kilometer dalam keadaan perut kosong membakar sekitar 300 kalori/ 300 kkal. Namun, dengan peru berisi dapat membakar 345 kalori. Hal tersebut dikarenakan makan meningkatkan metabolisme. Bila Anda berolahraga sehabis makan, maka metabolisme anda akan meningkat 2 kali lipat, dan itu pertanda bagus dalam hal membakar lemak.

Jauhkan Diri dari Bahan Perangsang. Kafein, Alkohol, dan obat perangsang lain mungkin dapat meningkatkan laju metabolisme tubuh, tapi setelah tidak digunakan lagi, metabolisme anda akan menurun.

Makan Makanan Pedas. Makanan pedas mampu meningkatkan laju metabolisme anda, meskipun dalam waktu yang singkat.

Periksa Kelenjar Tiroid Anda. Meskipun penyakit tiroid lebih umum di kalangan wanita ketimbang pada pria, kelenjar tiroid yang terllu aktif atau kurang aktif dapat berpengaruh terhadap metabolisme. Tiroid yang kurang aktif menyebabkan tubuh membakar energi dengan laju lebih lambat dari normal.

Iklan

Posted on September 3, 2012, in healthy living, Living Me, Sustainable Activity and tagged , , . Bookmark the permalink. Tinggalkan komentar.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: