SELAMAT DATANG DI ZAMAN RADIKAL !!


Dua hari lalu, saya berkesempatan untuk menepati undangan teman dalam acara kajian islam sebelum berbuka puasa di masjid sekitar daerah kampus. Hari itu bukan hari pertama saya, saya sudah sering mengikuti acara serupa di masjid yang sama beberapa kali sejak 5 bulan lalu. Dari pengamatan yang telah saya lakukan sejak 5 bulan lalu, ada keinginan untuk membuat note ini..

MENGHADIRI KAJIAN REMAJA..

Sebagai gambaran awal, banyak perserta Yang datang dari kalangan anak-anak kampus, saya yang terlihat paling muda disana. Jika anda berada di sana, maka kesan pertama yang anda dapat ketika masuk pelataran masjid tempat acara berlangsung adalah pakaian yang digunakan mayoritas peserta yang datang. Remaja putri yang hadir mayoritas mengenakan pakaian yg menutupi aurat dengan model longgar bagaikan jubah, dan untuk remaja pria hampir semuanya menggunakan baju koko dan bawahan celana kain dengan panjang tidak lebih dari mata kaki. Dilihat dari cara berpakaian, jelas ini bukan seperti kaula muda pada umumnya, namun setidaknya mereka ramah terhadap tamu undangan yang hadir seperti saya ini –maklum, banyak dari undangan yang enggan hadir karena secara umum isi kegiataannya hanya berupa kajian Islam.
Bukan merupakan kejutan bagi saya melihat anak muda menggunakan busana seperti yg saya sebutkan di awal tadi, namun yang membuat saya terkejut adalah isi materi yang disampaikan oleh pemateri, terlebih lagi pola pikir dan paradigma yang mereka gunakan untuk menanggapi suatu masalah. Tidak di ragukan lagi, main goal utama mereka khususnya mengajak kaum muda untuk lebih mengenal, memperdalam dan mencintai Islam.

..LAMBAT LAUN MENJADI KAJIAN YANG KONSERVATIF

Bagus memang, namun saya bisa mengatakan, semenjak saya berada di sana dan berkumpul dengan mereka, saya hampir 99% gak terpengaruh, saya bisa katakan mereka adalah kelompok yang terlalu konservatif dan memandang segala SESUATU YANG BUKAN DARI BUDAYA DAN AJARAN ISLAM ADALAH HARAM DAN HARUS DITINGGALKAN, Bukan hanya itu, bahkan mereka berfikir bahwa ajaran Islam adalah satu-satunya ajaran yang benar DAN WAJIB DI TERAPKAN DI INDONESIA BAHKAN DISELURUH DUNIA tanpa memperdulikan aspek budaya dan kearifan lokal setempat serta kebaikan dari budaya non-Islam yang mereka sebutkan.

Singkatnya begini, saya tidak mau menghakimi mereka salah atau benar, namun fenomena yang sedang marak di lingkungan civitas akademika sekolah maupun kampus ini disebabkan karena kebanyakan manusia, siapapun mereka dan dimanapun mereka terkadang atau bahkan sering menanggapi sesuatu secara berlebihan.

BAGAIKAN API DALAM SEKAM

Ketika seseorang merasa tidak puas dengan circumstances yang dihadapi dan memiliki kesempatan untuk keluar dari masalah, orang memiliki kecenderungan untuk berbuat opposite-direction. Para remaja itu mungkin tidak puas dengan keadaan dan cara hidup mayoritas masyarakat hari ini, sehingga ketika mendapatkan peluang dan wadah yang menampung sekaligus memberikan solusi atas komplain mereka, terjadilah sifat yang over react terhadap masalah dan keadaan yang mereka benci.

Namun sayang, tidak semua dari mereka memilih jalur konservatif..

sebagian dari manusia yang tidak puas memilih jalur yang melanggar susila dan etika..

Namun inilah fakta,

kejadian yang menuntuk kearifan kita untuk memilih dan menanggapi..

SLAMAT DATANG, DIZAMAN RADIKAL…..

About @arghyand

interested in sustainable living

Posted on Agustus 16, 2011, in Social. Bookmark the permalink. Tinggalkan komentar.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: