BUAH DAN SAYURAN YANG MENGANDUNG LEMAK


BUAH DAN SAYURAN YANG MENGANDUNG LEMAK

BUAH DAN SAYURAN YANG MENGANDUNG LEMAK

 1.1 Pendahuluan

Menggunakan definisi botani, buah adalah ovarium yang telah matang  melalui proses  penyerbukan. Sayuran adalah daun, batang, akar dan umbi-umbian dari tanaman, atau bagian tanaman yang tidak termasuk kedalam golongan buah. Alpukat, tomat, kacang, dan paprika semua dianggap buah (http://www.ehow.com/).

Buah dan sayuran juga mengandung lemak. Lemak dalam buah dan sayur sering disebut dengan minyak nabati. Salah satu tanaman yang mengandung minyak nabati adakah kanola, biji kapas, biji anggur, jagung, zaitun, kacang, dan banyak lainnya (Robinson, 1995). Minyak nabati biasanya datang dari benih sayuran dan sebagian besar kaya akan lemak tak jenuh dan lemak tunggal. Lemak tak jenuh dan lemak tunggal (monounsaturated fat) digolongkan  kedalam  golongan lemak  yang  sehat. Secara umum, sayuran memiliki  kandungan lemak yang lebih sedikit daripada kandungan lemak yang terdapat pada buah (Roizen, 2002).

Lipid atau lemak adalah berbagai senyawa organik diklasifikasikan bersama karena mereka tidak dapat larut dalam air. Lemak dalam buah atau sayuran dapat berupa: lemak yang dapat dimakan dan minyak (trigliserida), fosfolipid, lesitin,  dan karotenoid. Lipid atau lemak mengandung kalori dua kali lebih banyak per unit berat daripada protein dan karbohidrat. Lipid padat diklasifikasikan sebagai lemak, dan lipid cair disebut minyak (Martoharsono, 1998).

1.4 Kandungan Lemak per 100 gram

Menurut angka kecukupan gizi umum manusia yaitu 2000 kkal per hari, manusia membutuhkan sekitar 70 gram lemak setiap hari. Asupan lemak dapat didapat dari sayur dan buah karena lebih sehat dan tidak menyebabkan kolestrol. Hal tersebut dikarenakan lemak yang dihasilkan oleh buah dan sayuran merupakan lemak tak jenuh yang menyehatkan bagi tubuh (). Berikut adalah tabel kandungan lemak  pada buah dan sayuran per 100 gram:

No

Nama Buah/Sayuran

Kandungan Lemak  per 100 gram

1 Alpukat

14 gram

2 Zaitun

15 gram

3 Almond

15 gram

4 Durian

2,5 gram

5 Walnut

18 gram

Tabel: Kandungan Buah dan Sayuran per 100 gram

Diolah dari berbagai sumber: (http://www.ehow.com/), (http://www.whfoods), (http://www.freedieting.com/)

1.5 Manfaat Lemak bagi Manusia

1.  Perlindungan. Lemak penting untuk melindungi tubuh kita, untuk membantu mengatur suhu tubuh, dan melindungi kita dari hawa yang sangat panas dan dingin.

2.  Fungsi tubuh. Lemak tubuh penting untuk menjalankan fungsi tubuh dengan sehat dan normal.

3.   Pengangkut Vitamin.  Lemak berfungsi sebagai pengangkut vitamin A, D, E, dan K yang mudah larut dalam lemak. Tanpa lemak tubuh, Anda bisa kekurangan vitamin yang dapat menyebabkan timbulnya penyakit.

4.  “Peredam kejut” pribadi. Lemak adalah mekanisme bantalan tubuh yang alami. Lemak mengelilingi dan melindungi organ-organ vital, dan menjaga sendi-sendi. Bahkan atlet pun memerlukan lemak untuk melindungi tubuh mereka dari cidera yang potensial dialami saat bertanding.

5.  Struktur sel, kecantikan, dan pertambahan usia. Lemak adalah bagian dari struktur sel-sel kita, yang penting untuk memelihara kesehatan kulit, rambut, dan kuku. Meskipun kita rajin fitnes dan tubuh kita kencang, namun lemak tubuh yang sehat juga akan menjaga kita tetap terlihat feminin, tidak seperti Madonna yang membuat tubuhnya terlihat seperti laki-laki.

6. Produksi Hormon. Lemak tubuh membantu untuk memastikan produksi hormon, termasuk hormon seks. Wanita, yang memiliki lemak tubuh sangat rendah, cenderung memiliki kadar estrogen yang juga rendah. Hal ini bisa berakibat terhentinya menstruasi.

7.  Energi dan daya tahan. Dengan memiliki lemak tubuh dalam kadar yang sehat, kita bisa menghindarkan diri dari penyakit dan kelelahan yang kronis. Selain itu, lemak tubuh yang rendah akan mengurangi atau menurunkan energi.

 

Sumber:

Martoharsono, S. 1998. Biokimia Jilid I. Yogyakarta: Gadjah Mada University Press.

 Robinson, T. 1995. Kandungan Organik Tumbuhan Tinggi. Bandung: Penerbit ITB.

Roizen Michael. 2002. Sehat Tanpa Dokter. Jakarta: Gramedia.      

http://www.ehow.com/list_5905546_foods-high-lipids.html

http://www.whfoods.com/genpage.php?tname=foodspice&dbid=20

http://www.freedieting.com/tools/calories_in_food.htm

Posted on September 22, 2012, in Agriculture and tagged , , , . Bookmark the permalink. 2 Komentar.

  1. Sayura Pa Yg Bnyak Mengandung Lemak?

  2. sayuran yang tidak bewarna hijau dan tidak banyak mengandung air memiliki konten lemak, meskipun sedikit

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

%d bloggers like this: